Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /www/wwwroot/poltekkes-banjarmasin.ac.id/templates/purity_iii/tpls/blocks/header.php on line 148

Warning: file_get_contents(http://www.aspx.gen.tr/ne/read.php?url=www.poltekkes-banjarmasin.ac.id): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /www/wwwroot/poltekkes-banjarmasin.ac.id/templates/purity_iii/tpls/blocks/header.php on line 148

“Inspeksi Sanitasi Tempat-Tempat Umum” merupakan serangkaian kegiatan pengawasan tempat umum yang memiliki potensi sebagai tempat terjadinya penularan penyakit, pencemaran lingkungan ataupun gangguan kesehatan lainnya. Pengawasan atau pemeriksaan sanitasi terhadap tempat umum yang bersih guna melindungi kesehatan masyarakat dari kemungkinan penularan penyakit dan gangguan kesehatan. Tujuan pengawasan sanitasi tempat-tempat umum, antara lain : memantau sanitasi tempat-tempat umum secara berkala, membina dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit menular (communicable diseases) dan penyakit akibat kerja (occupational diseases), (Santoso, 2015)
 
Salah satu tempat-tempat umum yang harus dilakukan pengawasan adalah tempat-tempat rekreasi, di Kalimantan Selatan terdapat tempat rekreasi yang sangat menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berbelanja di pasar yang unik dan eksotis yaitu "Pasar Terapung".
Pasar terapung biasanya dioperasikan oleh para pedagang lokal yang menggunakan perahu atau rakit kayu sebagai kios mereka, para pedagang menjual berbagai jenis ikan air tawar, sayuran, buah-buahan, dan hasil kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan rotan. Pasar terapung bukan hanya tempat untuk membeli barang-barang, tetapi juga merupakan bagian dari kehidupan sosial masyarakat setempat. Pasar terapung biasanya menjadi tempat pertemuan dan interaksi sosial yang penting bagi masyarakat lokal, oleh sebab itu maka memerlukan perhatian khusus dalam hal sanitasi dan kebersihan, terutama karena tempat ini seringkali menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dan penyebaran penyakit dapat menjadi masalah.

Jurusan Kesehatan Lingkungan memiliki banyak kompetensi yang perlu dimiliki oleh para lulusannya untuk menjadi profesional yang sukses dan berkualitas, salah satunya adalah lulusan mampu melakukan Inspeksi Sanitasi Tempat-tempat umum. Sebanyak 39 orang mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Prodi Sanitasi Lingkungan Program Sarjana Terapan berkunjung ke Pasar Terapung dalam pelaksaan praktik lapangan mata kuliah Sanitasi Tempat-tempat Umum dan Pariwisata yang di bimbing oleh Bapak Imam Santoso, S.KM, M.Kes.

Meningkatkan kompetensi mahasiswa ini adalah suatu proses yang berkelanjutan dan memerlukan upaya terus-menerus. Sehingga Poltekkes Kemenkes Banjarmasin akan terus mendorong dan memberikan dukungan kepada mahasiswa dalam upaya mereka untuk meningkatkan kompetensi dan menjadi profesional yang sukses di masa depan.

Aplikasi Online

bursanakes1